Tuesday, March 20, 2012

Kutipan dan Daftar Pustaka


Nama  : Nurul Sofiati
NIM    : 2009-41-003
1. Buku Teks
Kutipan langsung
Menurut Sarief (1989) pupuk kandang merupakan bahan organik dan humus yang dapat memberikan pengaruh terhadap perubahan sifat fisik, kimia, biologi tanah dan mengandung unsur hara makro maupun mikro, sehingga makin banyak pula ketersediaan unsur hara bagi tanaman.
Kutipan tidak langsung
Seperti yang dikatakan Sarief (1989) bahwa pupuk kandang merupakan bahan organik dan humus yang banyak mengandung unsur hara makro maupun mikro yang baik untuk pemenuhan unsur hara tanaman. Pemberian pupuk kandang ini dapat memberikan pengaruh terhadap tanah yang dapat menyebabkan perubahan sifat baik secara fisik, kimia maupun biologi.
Daftar pustaka
Sarief, S.1989.Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian.Bandung:Pustaka Buana

2. Jurnal
Kutipan langsung
Wahid et al. (2005) menyatakan bahwa, “Penggunaan mulsa serasah dapat meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas lada perdu serta meningkatkan efisiensi pemberian pupuk.”
Kutipan tidak langsung
Gulma dari bahan-bahan organik dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman, meningkatkan kesuburan tanah, menekan pertumbuhan gulma, dan menjaga suhu serta kelembaban. Menurut Wahid et al. (2005) mulsa juga dapat meningkatkan produktivitas lada perdu serta efisiensi pemberian pupuk.

Daftar pustaka
Wahid, P., M. Syakir, Hermanto, E. Surmaini dan J. Pitono.2005.Pencucian dan Serapan Hara Lada Perdu (Piper nigrun L.) pada berbagai tingkat dan frekuensi pemberian air:Jurnal Littri.11(1):13

3. Majalah
Kutipan langsung
Lubis (2008) mengatakan bahwa, Selain dimanjakan konsep, implementasi bisnis ini jauh dari aroma diskriminisasi, sehingga kaum perempuan lebih bisa beraktualisasi sedemikian rupa dalam mewujudkan impian-impian hidupnya, termasuk dalam soal finansial dan pengembangan diri.
Kutipan tidak langsung
Berbagai keuntungan mungkin akan lebih banyak didapat dari bisnis ini, menurut Lubis (2008), selain dimanjakan konsep dan waktu yang fleksibel, implementasi bisnis ini jauh dari aroma diskriminisasi, sehingga kaum perempuan bisa beraktualisasi sedemikian rupa dalam mewujudkan impian-impian hidupnya, termasuk dalam soal finansial dan pengembangan diri.
Daftar pustaka
Lubis, L.2008.”Perempuan dan Network Marketing”.Dalam Bisnis Plus.Edisi 27 2008,Maret 2008.jakarta.Hal 3

4. Prosiding
Kutipan langsung
Varietas Oval merupakan varietas unggul baru dataran rendah yang mempunyai potensi hasil 30-50 t/ha, namun di lahan lebak daya adaptasinya sangat rendah yaitu 6.53 t/ha. Daya adaptasi varietas Ratna dan Permata cukup tinggi dengan masing-masing 13.78 dan 10.65 t/ha (Nurita et al., (2005).

Kutipan tidak langsung
Varietas Oval merupakan varietas unggul baru dataran rendah dengan potensi hasil 30-50 t/ha, namun di lahan lebak hasilnya hanya 6.53 t/ha dikarenakan daya adaptasinya sangat rendah terutama pada kondisi tanah yang kering sehingga mengurangi hasil karena buah berguguran saat masih muda. Sedangkan untuk varietas Ratna dan Permata yang mampu menghasilkan 13.78 dan 10.65 t/ha (Nurita et al., 2005)
Daftar pustaka
Nurita, I. Ar-riza, Y. Raihana, dan L. Indrayati.2004.Daya Adaptasi Varietas Tomat di Lahan Rawa Lebak.Dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Lahan Rawa dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan.Pp. 39.Banjarbaru:Badan Litabang Pertanian

5. Skripsi
Kutipan langsung
Seperti yang dikatakan Susatmoko (2011) bahwa, “Pada faktor media tanam sabut kelapa dapat menghasilkan berat brangkasan kering tertinggi karena media tanam ini mempunyai  sifat dapat menyimpan dan mengikat air dalam jumlah banyak.”
Kutipan tidak langsung
Pada media tanam sabut kelapa ini dapat menghasilkan hasil tertinggi karena kemampuannya dalam mengikat dan menyimpan air dalam jumlah yang banyak, namun di sisi lain hal ini menyebabkan media sering ditumbuhi cendawan dan gulma karena kondisinya yang lembab (Susatmoko, 2011).
Daftar pustaka
Susatmoko, S.F.2011.Pengaruh Media Tanam dan Frekuensi Pemupukan NPK terhadap Pertumbuhan Anggrek Dendrobium, Sp.Skripsi.Program Sarjana Universitas Muria Kudus


No comments:

Post a Comment